.

Carbon Cleaning pada mobil

Written by on ,
Carbon Cleaning pada mobil - Hobilari. Beberapa waktu lalu Hobilari melakukan carbon cleaning pada mobil yang sudah lama tidak mendapatkan sentuhan perawatan mesin mobilnya. Mungkin sejak beli dulu belum pernah dilakukan carbon cleaning.
Karena umur pemakaian mobil perlu pembersihan kerak kerak yang menempel di ruang bakar, selama ini memang tidak tahu kondisi ruang bakar, hanya apabila melakukan pengecekan busi tidak didapati adanya kerak hitam. Busi dalam keadaan kering dan bersih. Juga kemarin pada saat ganti packing cover valve, juga mendapati bagian mesin bagian atas yang bersih. Pengerjaan penggantian packing dilakukan oleh teknisi langganan.



Carbon cleaning adalah membersihkan bagian ruang bakar dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk kerak sisa pembakaran. Cairan ini harus digunakan sesuai takaran di petunjuk, digunakan dalam hitungan waktu yang tepat, komposisi dan alat yang tepat.
Pengerjaan carbon cleaning memakan waktu sekitar 15-30 menit saja, pengerjaannya dilakukan dengan membuka semua busi, melepasnya, lalu memasukkan cairan pembersih dengan alat pompa khusus. Didiamkan selama beberapa menit ( mungkin ada sekitar 15 menit) baru kemudian disedot menggunakan pompa yang sama namun ditampung pada tempat yang berbeda.

Hasil pembersihan dengan carbon cleaning adalah cairan yang semula biru muda bening, sekarang menjadi coklat muda agak tua, tidak sampai hitam sekali. Teknisi menyampaikan bahwa ruang bakar dalam keadaan cukup bersih sehingga kotoran juga sedikit.

Berapa biaya melakukan carbon cleaning ? ternyata hanya murah saja, sekitar 250 ribu, dan itupun tidak perlu sering sering, mungkin hanya 40ribu kilometer sekali.

Bagaimana performa mesin mobil setelah dilakukan carbon cleaning. Secara umum yang saya rasakan tarikan meningkat, ngelitik berkurang sekali terutama saat belok (mobil dengan power stering hidrolik, bukan elektrik), bau knalpot terasa biasa ( tidak ada bau asap, atau bau tidak enak). Untuk penggunaan BBM saya belum bisa mengukur karena baru saja ada penurunan harga BBM, karena saya secara umum hanya berpatokan pada kilometer yang saya tempuh dengan bensin yang saya beli seharga 200rb. Untuk review pemakaian BBM akan saya bahas di lain waktu.

No comments:

Post a Comment

.