.

Cara perbaiki lampu rem yang nyala terus

Written by on ,
Cara perbaiki lampu rem yang nyala terus - otoman. Mungkin ada yang pernah mengalami lampu rem mobil atau mungkin lampu rem motor nyala terus? Untuk lampu rem mobil dalam keadaan kunci kontak OFF lampu tetap nyala terus, kalau dibiarkan terus bisa bisa reflector meleleh karena kepanasan dan juga tegangan aki akan turun atau stroom aki akan habis.

Cek video tentang otomotif di sini



Saya pernah mengalami beberapa bulan lalu, saat mau jalan saya biasakan cek lampu rem dan sein, saya menemukan lampu rem langsung dalam keadaan menyala terus padahal pedal rem tidak dalam posisi diinjak. Namun karena waktu itu saya harus jalan antar istri saya maka segera saja saya antarkan istri saya dulu. Mungkin sepanjang perjalanan mobil atau motor yang berada di belakang saya heran, karena mobil melaju kencang tapi lampu rem tetap menyala. Jadi ingatkan istilah guyon "gas pol, rem pol".



Segera setelah saya sampai rumah, saya lakukan susun dulu rencana singkat untuk perbaikan ringan yang bisa saya lakukan sendiri. Hasil analisa singkat kenapa lampu rem tetap menyala adalah ada masalah pada switch yang mengatur nyala lampu rem. Switch itu letaknya dekat dengan pedal rem. Letaknya agak tersembunyi diatas pedal rem, dibawah kemudi mobil. Perlu sedikit akrobat untuk bisa melihat bagian switch lampu rem itu, apalagi untuk mobil jenis sedan dimana ruang kaki pengemudi memang rendah dan sempit. Setelah saya berakrobat dan ambil posisi yang enak saya periksa switch lampu rem. Peralatan yang diperlukan untuk memeriksa hanya lampu senter. jangan lupa gunakan kacamata dan kalau bisa gunakan masker agar terlindung dari debu.


Karet Stop pada switch terlepas.
Setelah mengamati sebentar, saya temukan pada switch lampu rem terdapat bekas karet yang menempel. Logika saya langsung menyimpulkan adanya bagian karet yang berfungsi sebagai stopper yang terlepas. Dengan terlepasnya bagian ini maka posisi switch selalu ON sehingga lampu rem selalu menyala.
Segera saya cek karpet lantai bagian pengemudi, untuk mencari karet yan terlepas. Dan memang saya bisa mendapati ada karet berbentuk O-Ring dengan diameter hampir sama dengan uang coin 50 perak, dengan bahan karet yang cukup massive, tidak lembut. Segera saya mencari bahan yang serupa. Biasanya saya selalu simpan barang barang atau bahan serupa di laci penyimpan saya.


Membuat karet stopper dari bahan yang mirip.
Segera saya berkreasi membuat karet stopper dari bahan yang mirip, dengan bentuk dan ukuran (diameter, ketebalan) yang sama dengan bekas karet stopper tersebut. Setelah dicek ukurannya telah tepat, segera saya siapkan lem adhesive untuk merekatkan karet stopper ke bagian switch lampu rem. Setelah terpasang dengan baik, lampu rem sekarang dapat berfungsi lagi (ON/OFF sesuai fungsinya).


Catatan :
Mohon diperhatikan ini bukan referensi perbaikan, Posting ini sekedar sharing pengalaman. Hubungi bengkel Resmi kendaraan anda bila kendaraan anda masih dalam masa garansi.

No comments:

Post a Comment

.