.

Cara cek shock breaker mobil

Written by on ,
Cara cek shock breaker mobil - otoman. sebenarnya dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Shock breaker adalah komponen peredam getaran dari per mobil. Pada saat mobil masuk ke lubang maka per yang pertama kali akan beraksi, baru kemudian akan diredam oleh shock breaker. Shock breaker ini berisi olie, gas, atau campuran keduanya. Karena waktu (umur) dan beban kerja, maka shock breaker bisa mengalami kebocoran. Kebocoran ini bahkan bisa saja terjadi walaupun shock breaker baru beberapa bulan digunakan. Faktor yang mempengaruhi umur shock breaker adalah beban yang ditanggungnya, kondisi jalan, dan gaya menyetir saat berada di jalan rusak. Untuk mengecek kebocoran shock breaker sebenarnya mudah. Secara insidentil dapat dilakukan pada saat penggantian ban. Namun untuk hasil terbaik lakukan pengecekan ke empat shock breaker. Caranya mobil perlu didongkrak, lalu lepas ban. Buka selubung debu untuk shock breaker depan. Untuk shock breaker belakang tidak ada penutup debu, namun pada saat mobil di dongkrak dapat terlihat dengan jelas apakah ada kebocoran olie yang merembes di batang shock breaker.



Dongkrak roda, lalu lepas roda. Terlihat langsung shock breaker belakang. Cek apakah ada kebocoran olie yang merembes pada shock breaker.



Cek juga stopper pada shock breaker belakang apakah pecah atau sobek. Apabila pecah atau sobek maka akan ada bunyi logam beradu apabila mobil dijalankan di jalan rusak.




Untuk shock breaker depan, caranya buka selubung debu. Cek apakah ada rembesan olie pada batang shock breaker.



Cek Brakepad Sekaligus
Untuk mobil yang menggunakanan disc brake pada keempat rodanya. Maka pada saat membuka keempat roda, sekaligus lakukan pengecekan ketebalan brake pad. Lakukan penggantian di bengkel resmi sesuai ketentuan.

No comments:

Post a Comment

.