.

Kenapa harus menggunakan jasa car care?

Written by on ,
Kenapa harus menggunakan jasa car care? Otoman. Bahasan ringan hari Jumat menjelang weekend kali ini terkait dengan kegiatan pembersihan barang atau alat di sekitar kita, sifatnya rutin artinya perlu dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

Berhubung saya menyukai otomotif maka pendekatan dan contoh yang saya gunakan adalah bidang otomotif, sehingga contoh yang saya gunakanpun adalah hal terkait otomotif.

Mobil, adalah hal umum saat ini, banyak orang bisa memiliki mobil karena tersedianya fasiltias kredit dari perusahaan jasa pembiayaan, dari perusahaan melalui car owned program, ataupun membeli secara cash. Mobil yang dibeli pun beragam, mulai dari yang baru keluar dari dealer sampai mobil bekas tapi mulus.



Waktu berlalu mobil yang awalnya sangat kinclong eksteriornya karena cuaca, pemakaian sehari hari, hujan, panas, debu, dan kotoran lainnya maka lambat laun akan memudar juga tampilan eksteriornya yang menawan. Terlebih lagi bila anda kurang atau tidak perhatian dalam melakukan perawatan mobil.

Tipikal pemilik mobil dalam merawat mobilnya

  • Sadar pentingnya perawatan eksterior mobil, pemilik mobil yang sadar akan pentingya perawatan mobil maka akan melakukan perawatan ekterior mobil seperti mencuci dan membersihkan sendiri, serta senantiasa menjaga kebersihan mobil. Ada pula orang yang sadar akan pentingnya perawatan dan kebersihan mobil namun tidak memiliki waktu, sehingga menyerahkannya jasa otocare.
  • Tidak sadar pentingnya perawatan eksterior mobil. Sebagian lagi ada yang tidak sadar akan pentingnya kebersihan mobil, mencuci mobil pun kadang sebulan sekali, bahkan ada yang mengatakan mobilnya akan bersih kalau hujan deras, karena tidak pernah dicuci dan hanya hujan yang membersihkan debu-debu dan kotoran yang menempel. Padahal kita tahu seberapa bersih guyuran air hujan membersihkan ekterior mobil

Kenapa harus menggunakan jasa daripada mengerjakan sendiri?

  • Keterbatasan alat. Keterbatasan alat jelas menjadi alasan, misalnya di rumah tidak ada air tekanan tinggi dari kran (PDAM bisa digunakan asal bersih dan tekanan kencang) atau dengan menggunakan high pressure cleaner yaitu mesin semprot tekanan tinggi yang khusus untuk mencuci mobil. Keterbatasan alat ini jelas membuat orang yang tidak memilikinya akan malas mencuci, sebenarnya ada cara lain yaitu dengan sistem two bucket, atau mencuci dengan dua ember, namun biasanya hanya orang yang telaten yang mau menjalaninya.
  • Keterbatasan bahan / obat. Kalau untuk mencuci saja mungkin banyak yang bisa melakukan, namun untuk urusan menghilangkan small scratch atau goresan halus kadang orang juga tidak memiliki alatnya (misalnya polisher, baik jenis rotary maupun dual action polisher), walaupun sebenarnya dapat pula dilakukan secara manual (hand polishing) namun bagi sebagian orang lebih baik say no karena harus menyelesaikan memoles seluruh body mobil, karena sudah jelas akan melelahkan. Pernah tidak merasakan lelahnya memoles satu body mobil utuh? Saya saja baru pernah melakukan satu kap / atap saja secara manual, sisanya saya kerjakan besoknya, dan seterusnya. Beda halnya bila menggunakan alat maka kerjaan akan lebih mudah dilakukan.
  • Ketidaktahuan teknis perawatan dan perbaikan. Membeli alat itu bagi sebagian orang mudah saja, namun yang susah adalah menguasai teknis menggunakan alat untuk pembersihan dan perawatan, apalagi ini terkait dengan body mobil, salat tekan maka bisa jadi merusak lapisan cat secara langsung. Maka tak jarang orang membeli alat polisher baru beberapa kali pakai sudah tidak digunakan lagi, akhirnya dijual sebagai barang bekas tapi mulus, coba saja searching di beberapa marketplace  di Indonesia, akan anda temui orang menjual alat dengan alasan tidak bisa menggunakan.
  • Perlu biaya untuk membeli bahan / obat perawatan. Akan perlu biaya lebih besar bila anda hanya membeli untuk perawatan eksterior secara berkala, anda akan menghadapi resiko keluar duit lebih besar padahal hanya untuk memoles satu mobil anda saja. Beda kan dengan seorang detailer yang memang membeli bahan atau obat perawatan yang memang untuk beberapa puluh mobil setiap bulannya. Resiko menyimpan bahan poles juga ada, karena disimpan lama dan tidak digunakan maka bila penyimpanan salah dapat membuat bahan menjadi rusak.
Itulah kira kira kenapa lebih baik anda serahkan pada ahlinya perawatan ekterior mobil anda bila memang tidak ada minat, passion, waktu, dan kesempatan untuk merawat body mobil.

No comments:

Post a Comment

.