.

Cara mengusir semut di mobil

Written by on ,
Cara mengusir semut di mobil- otoman.  ini saya buat posting sebagai sharing pengalaman karena saya pernah mendapati semut bersarang di bagian bagian mobil. Saya minimal seminggu sekali buka machine hood (kap mesin) mobil untuk sekedar membersihkan mesin dengan lap basah, atau check level air aki, oli, dan minyak rem.  Saya juga cek kalau ada semut semut nakal yang menjadikan komponen mobil saya sebagai sarang semut. Memang kelihatannya tidak masuk akal kalau semut sampai bersarang di mobil yang aktif setiap hari. Walaupun mobil aktif  sampai malam minimal jam 22.00,  namun kenyataan saya pernah mendapati klakson mobil tidak bisa berfungsi karena telah jadi sarang semut.






Awal saya mendapati semut bersarang di klakson mobil itu setelah saya cek semuanya.  Saya cek fuse, relay, dan sambungan dari aki ke klakson ternyata tidak ada masalah. Kecurigaan saya berikutnya pada klakson keong dual tone (dua buah) dan relay magnetic-nya.Segera saya lepas semua koneksi ke klakson dan langsung saya tes menggunakan aki, ternyata kedua klakson keong berfungsi baik. Langkah ini makin memudahkan saya untuk mencari biang keladi dari tidak berfugsinya klakson mobil saya. Segera saya lepas relay magnetic, karena letaknya sekrupnya agak tersembunyi maka sempat saya ketuk pelan agar lebih memudahkan posisi untuk melepas sekrup.



Semut Keluar dari komponen Relay Klakson
Saat saya ketuk itu....sempat saya kaget, karena dari celah celah lubang masuk kabel ke magnetic relay, ternyata keluar serombongan semut semut kecil, coklat kemerahan. Kecurigaan saya tepat ternyata, setelah saya lepas magnetic relay, saya ketuk ketuk ke lantai beton dan banyak sekali semut kecil keluar. Saya tes fungsi relay. saya beri arus DC pada relay tersebut dan ternyata tidak ada reaksi. Segera saya ganti relay yang telah jadi sarang semut dengan yang baru. OK... cerita awal sampai di situ karena setelah saya ganti yang baru maka klakson sudah berfungsi normal.

Asal Semut di Sekitar Mobil
 Kenali jalur jalur semut menuju mobil
Dari sini yang saya ambil kesimpulan adalah semut bisa saja menjadikan mobil anda sebagai sarangnya. Namun membuat heran, adalah saya tidak memperbolehkan makan / minum di dalam mobil, supaya mobil tetap bersih dari bau dan bebas sumber makanan bagi semut. Ini memang saya lakukan untuk meringankan beban pembersihan interior mobil (bekerja secara efektif itu dimulai dari kebiasaan sehari hari)

Mobil bebas makanan, kenapa tetap jadi sarang semut
Pertanyaan ini lah yang kemudian membawa saya mengamati sekitar carport mobil saya. Memang di sekitar mobil saya lihat ada semut beriringan membentuk jalur. Saya coba telusuri terus, ternyata sumber asal semut itu adalah dari sarang semut yang ada di dekat tanaman (kebetulan carpot dekat dengan taman) dan semut bisa sampai ke dekat mobil karena membuat jalur melewati akar tanaman, lalu lewat ranting tanaman, dan menuju carpot dengan melewati tiang, lalu menuju ke ban mobil. Nah disini logika saya kembali mengatakan akan sulit bagi semut untuk bisa naik (sulit, tapi tetap mungkin untuk naik ke mobil). Ternyata jalur naik ke mobil itu dimudahkan karena adanya cover mobil yang terjuntai langsung ke ban mobil, sehingga itu merupakan shortest path atau shortcut menuju mobil. Untuk kemudian mencari bagian bagian mobil untuk bersarang.

Cara mencegah semut bersarang di mobil.
  • Kenali sarang semut di sekitar mobil. Keberadaan semut karena adanya sumber makanan, setelah ketemu makanan, mereka memerlukan tempat (sarang) selain bagian rumah, pohon, kayu,ternyata semut juga suka menjadikan mobil dan bagian bagiannya (terutama yang hangat, celah sempit seperti komponen elektronik mobil).
  • Membiasakan membuang sampah mobil setiap hari, terutama bila dalam mobil ada anak kecil yang suka makan di mobil. Tanamkan kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya dan makan dengan tertib
  • Potong jalur semut  ke mobil seperti ranting tanaman yang menyenggol body mobil, atau body cover yang ternjuntai ke tanah. Mobil yang aktif bergerak belum tentu juga bebas semut, maka dari itu harus diatur agar tidak ada jalur jalur langsung akses ke mobil. Selain itu juga bisa dikendalikan dengan pemakaian kapur semut pada jalur jalur menuju mobil.
  • Rutin melakukan pembersihan bagian bagian mobil akan membantu mengurangi biaya pemeliharaan dan penggantian sparepart mobil (terutama bagian yang menjadi sasaran semut untuk bersarang)

No comments:

Post a Comment

.