.

Ban tubeless bocor halus

Written by on ,
Ban tubeless bocor halus - otoman. Ban mobil sekarang hampir semua menggunakan ban tubeless, yaitu ban yang tidak menggunakan ban dalam. Teknologi pembuatan velg alloy sudah maju sehingga bisa menghasilkan velg yang benar benar presisi, dan dapat langsung dipasang ban dan dipompa. Demikian pula juga pada teknik pengelasan pada velg kaleng, atau istilah velg besi yang jaman dulu banyak dipakai, teknik pengelasannya sudah maju sehingga menghasilkan sambungan yang sangat rapat, tidak bocor sehingga dapat langsung dipasang ban luar tanpa pasang ban dalam.

Namun ada kalanya ban mengalami kebocoran yang sangat lambat habis, misalnya dari posisi setengah kempes, ban diisi angin penuh ( tekanan angin ban lihat di sini), ternyata dalam 2-3 hari tekanan angin berkurang lagi menjadi setengahnya.


Kira kira penyebabnya apa kok ban tubeless bisa berkurang anginnya?
Coba cek beberapa hal dibawah ini
  • Valve atau katub mungkin kurang kencang, sehingga perlu dicek. Bila telah rusak segera bawa ke toko atau tukang ban untuk ganti yang baru.
  • Ada tambahan pada ban tubeless yang kurang tepat.
Khusus untuk item kedua, yaitu ada tambalan yang tidak tepat ini dapat dilakukan pengecekan dengan mencelupkan ban pada bak air, ingat sebelumnya pompa dulu ban sampai tekanan full sesuai aturan, baru kemudian dicelup ke bak air. Bila tekanan kurang maka kebocoran tidak dapat dilihat karena tekanan kurang membuat udara tak lagi keluar, apalagi posisi ban tidak sedang dapat beban dari body mobil.
Bagaimana bila ternyata kebocoran karena tambalan yang tidak tepat.
Bisa jadi saja kebocoran sangat kecil karena penambalan yang tidak tepat, namun untuk diulang lagi dengan penambalan sistem karet suntik / atau karet cacing, maka dikhawatirkan akan terjadi kebocoran lagi mengingat lubang telah lebih besar dari sebelumnya. Untuk itu caranya adalah dengan cara menambal ban tubeless dari dalam, dengan cara dipress dengan alat khusus. Alat press untuk ban tubeless dari bagian dalam ini memang khusus untuk menambal ban tubeless dengan baik dan cepat. Alatnya berbentuk seperti seterika kecil dan menggunakan listrik sehingga cepat panas. Hasil penambalan menjadi rapi dan kuat. Silakan cari toko atau tukang ban yang memiliki alat tambal ban tubeless dari dalam.

No comments:

Post a Comment

.