.

Review Penggunaan Ceramic Coating pada Lampu Mobil.

Written by on ,
Review Penggunaan Ceramic Coating pada Lampu Mobil. Otoman - Waktu itu Mobil sudah berumur lebih 5 tahun, lampu mobil berbahan mika plastik sudah mulai menguning, kusam, ada baret tipis vertikal dan horisontal, padahal minggu sebelumnya belum ada sama sekali. Ternyata lampu kiri dan kanan sama sama mulai menguning, kemungkinan karena coating bawaan pabrik sudah mulai failed atau rusak dimakan usia, sudah perlu panggil jasa headlight restorer. Segera saya berikan headligth restoration sebagai bagian dari jasa otocare untuk mobil.

Saya memang senang me-review dan membandingkan, untuk itu saya beri perlakuan beda antara lampu kiri dan kanan, lampu mobil bagian kanan setelah di-restore maka diberi lapisan proteksi tambahan dari ceramic coating. Sedang bagian kiri tidak sama sekali. Mari kita lihat setelah 6 bulan.



Perbandingan hasil headlight restoration dengan dan tanpa ceramic coating. Pada review ini saya mengambil gambar satu lampu yang telah direstorasi (dikembalikan ke kondisi seperti baru) awalnya lampu ini baret, kusam, kuning, dan seperti berkabut. Setelah di-restorasi keduanya oleh Jasa Headlight Restoration, saya memang minta salah satu di-coating dengan ceramic coating, sedang satunya tidak diproteksi dengan coating sama sekali. Setelah berjalan sekitar 6 bulan. Hasilnya adalah seperti foto di atas.

Coating untuk lampu mobil (headlight). Lampu mobil saat ini menggunakan bahan jenis plastik (polycarbonate), bahan plastik ini lebih ringan, mudah dibentuk sesuai desain mobil. Kelemahan bahan plastik adalah karena bahannya lebih lunak dibanding bahan gelas (kaca) maka lapisan plastik mudah tergores. Untuk itu perlu lapisan coating agar dapat bertahan lama dari goresan ringan (small scratch).

Goresan ringan seperti prosedur pencucian yang sembarangan, yaitu mencampur wash mitt (lap pencuci) bagian bawah body mobil dengan lap pencuci untuk eksterior mobil bagian atas, termasuk headlight (lampu mobil). Karena bahan lampu mobil dari plastik ini maka partikel kasar yang tersimpan di lap cuci apabila tidak dibersihkan (dengan disemprot di air mengalir / tekanan tinggi) maka sangat berpotensi menggores bagian lampu mobil, baik yang telah dilapis coating atau belum.
Untuk lampu mobil yang tidak dilapis coating maka goresan akan langsung mengenai bagian plastik. Sedang untuk lampu mobil yang telah dilindungi dengan coating baik spray coat maupun wipe-on coat maka goresan terlebih dahulu akan mengenai lapisan coating. Apabila goresan berulang maka sangat bisa untuk merusak lapisan coating, dan membuat lampu mobil mobil menjadi berkurang daya tahan terhadap gores, jamur, kusam, dan kuning (oksidasi)

Kenapa perlu coating pada lampu mobil.

Fungsi coating adalah memberikan lapisan tambahan agar lebih tahan lama. Semua jenis coating pada lampu mobil memiliki umur pakai. Lama tidaknya umur pakai adalah tergantung banyak hal antara lain perlakuan mobil pada saat dicuci, apakah menggunakan prosedur pencucian yang benar, Cuaca ekstrim (panas, hujan, dingin, embun ditambah debu bergantian), Perilaku pemilik yang tidak menjaga kebersihan mobil dan ceroboh memarkir mobil di tempat ekstrem, Mobil memiliki jam terbang harian yang tinggi pada lingkungan yang kotor dan panas.

Kelebihan Proteksi ceramic coating
Lapisan coating yang telah diaplikasikan akan membentuk kristal yang keras, hydrophobic, anti UV layer, glossy, wetlook. Kristal yang telah terbentuk sempurna akan membuat lapisan plastik menjadi lebih keras, mendekati kekerasan kaca, sehingga lebih tahan goresan. Anti UV layer pada bahan ceramic coating akan memberikan proteksi lebih lama (secara teori bisa 2 tahun lebih, sesuai perawatan), Anti UV membuat lampu mobil tidak mudah menguning lagi. Hydrophobic eeffect akan membuat air tidak menempel pada lapisan lampu mobil. Air hujan atau air cuci akan segera turun tanpa perlu diusap. Ini tentu akan menguntungkan karena biasanya air yang menempel di lampu ditambah material pengotor lainnya akan membuat lampu menjadi tempat deposit menumpuknya kotoran / debu yang telah mengering membentuk kerak.

Harga Ceramic Coating.
Dari segi harga memang lebih mahal daripada bila anda menggunakan wax biasa untuk topping setelah restorasi, namun dari hasil sangat jauh seperti review pada paragraf diatas. Untuk harga tentunya bisa bervariasi silahkan gunakan jasa headlight restorer di kota anda.
Review Penggunaan Ceramic Coating pada Lampu Mobil yang dapat saya sajikan ini semoga bisa menjadi informasi bagi pemilik kendaraan yang ingin memberikan perawatan khusus untuk lampu mobil agar bertahan lebih lama, tetap jernih, dan bening.

No comments:

Post a Comment

.