.

Berapa ukuran tekanan ban mobil yang tepat ?

Written by on ,
Berapa ukuran tekanan ban mobil yang tepat ? - otoman. Ukuran tekanan angin ban mobil yang tepat tentunya berbeda beda antara jenis mobil yang berbeda, namun kadang ketika isi angin di pinggir jalan, selalu saja diisi 45 psi, padahal ukuran standar yang telah saya konversi adalah 30,5 Psi (atau 200-210 kPa (kilo Pascal)) Ukuran ban mobil saya adalah 185/55/R15 dengan tekanan angin 200-210 kPa, di alat ukur tekanan yang model pensil, hanya ada ukuran Psi dan Kgcm2.



Alat ukur isi angin pinggir jalan, saya intip tidak ada satuannya, pada kali lain saya intip isi angin tempat lain ternyata sama menggunakan satuan Psi dan Kgcm2, nah kira kira bagaimana nih, satuan ukuran dari buku petunjuk / buku manual atau yang biasa ditempel di balik pintu driver (dekat engsel pintu belakang). Perlu dikonversi ke satuan ukur yang lazim dipakai isi angin atau alat ukur satuan yang kita miliki. Saya sih sudah hafal perkiraan sekitar 30-32 Psi untuk ban mobil saya, baik depan atau belakang.

Saya mengkonversi satuan ukuran tekanan ban mobil menggunakan website http://www.theunitconverter.com/ dari website ini sudah tersedia beragam satuan tekanan sehingga hanya perlu memasukkan nilai tekanan dan setelah itu tekan tombol convert maka anda akan disajikan beragam nilai dalam satuan yang berbeda. Jadi langsung saja bagi yang ingin ban mobilnya lebih awet mulai sekarang harus rajin cek tekanan ban mobil sendiri ya, setidaknya seminggu sekali, kalau kurang ditambah, kalau kelebihan dikurangi, supaya ban tetap awet, pengendaraan efektif, dan irit bahan bakar, serta tetap kenyamanan berkendara tanpa mengurangi keselamatan.

No comments:

Post a Comment

.