.

Kenapa lampu mobil bisa menguning dan kusam?

Written by on ,
Kenapa lampu mobil bisa menguning dan kusam? otoman. Bahasan di hobilari kali ini ini sangat jamak ingin diketahui karena memang sangat sering dijumpai lampu mobil yang telah menguning, baret, kusam, dan bahkan berembun.

Sejak mobil keluar dari dealer dalam kondisi baru 100%, masih sangat jernih lampunya, jelas sekali kita bisa melihat bagian bagian dalam lampu, dan sorot lampu di malam hari pun sangat terang karena semua sinar dapat diteruskan oleh mika lampu untuk menerangi jalanan.



Dengan berjalannya waktu masing masing mobil akan menerima perlakuan yang tidak sama, dalam arti ada mobil, perlakuan tersebut antara lain
  1. Mobil terlindung dalam garasi tertutup
  2. Mobil terlindung dalam garasi tertutup dan ditutup car cover atau tutup mobil
  3. Mobil terlindung canopy
  4. Mobil terlindung canopy dan ditutup dengan car cover
  5. Mobil tanpa pelindung, langsung terkena panas/hujan.
  6. Mobil langsung kena panas / hujan namun ditutup car cover.


Adanya perlakuan yang berbeda tersebut tentunya akan membuat masing masing mobil juga memiliki keawetan headlight yang berbeda-beda. Mobil dengan perlindungan paling bagus adalah mobil yang disimpan dalam garasi tertutup dan masih ditutup dengan car cover. Garasi tertutup disini secara signifikan akan melindungi mobil dari sinar ultraviolet dan cuaca ekstrem (panas / hujan ) ditambah lagi dengan tambahan car cover akan meminimalkan debu yang menempel di body mobil, karena bagaimanapun walaupun disimpan di dalam garasi tetap saja debu dapat mengotori body mobil.



Headlight untuk mobil mobil keluaran sekarang ini dibuat dari material plastik, yang ringan, mudah dibentuk pada saat pabrikasinya, namun memiliki kelemahan mudah mengalami cracking, baret, bahkan pecah. Hal ini berbeda dengan mobil mobil keluaran tahun 1990 dimana masih banyak yang menggunakan bahan glass atau kaca pada headlightnya.
Untuk itu Headlight mobil yang dibuat dari mika plastik transparan ini perlu mendapatkan tambahan pelindung, biasanya berupa lapisan / coating yang ditutupkan pada bagian paling atas (topping) dari permukaan lampu, Lapisan coating ini bisa saja pudar, menipis, ataupun teroksidasi karena,
  • Pencucian yang salah dimana menggunakan satu kain cuci untuk semua bagian mobil, sehingga rentan membawa kotoran atau partikel kasar misalnya dari roda atau bagian bawah mobil dan menjadi bahan penggores permukaan body mobil ataupun bagian lain seperti headlight.
  • Penggunaan sabun yang keras, atau tidak diperuntukkan untuk mobil. Gunakan hanya sabun yang sesuai / recommended dan PH safe untuk mencucui bagian mobil.
  • Cuaca ekstrem setiap hari dan tanpa pelindung membuat lapisan coating tentunya cepat mengalami kerusakan.
Headlight mobil anda adalah satu dari bagian keseluruhan mobil anda, bila bagian lain dari mobil anda sangat terawat misalkan karena terlindungi wax , sealant, ataupun coating, tentunya sekarang anda perlu untuk menaruh perhatian pada headlight mobil anda karena kalau headlight mobil anda kuning, kusam, baret, dan bahkan bocor maka tentunya akan mengurangi estetika mobil anda.

No comments:

Post a Comment

.