.

Setelah nano coating apakah bisa digunakan wax?

Written by on ,
Setelah nano coating apakah bisa digunakan wax - otomanhere. Sambil nunggu waktu berbuka masih ada waktu untuk berbagi tulisan tentang nano coating dan wax. Sharing ini berdasarkan pengalaman pribadi memasang nano coating pada lampu mobil dan penggunaan wax setelahnya.

Nano coating pada lampu mobil

Sebelum membahas lebih lanjut saya ceritakan bahwa nano coating telah saya pasang pada kedua lampu mobil saya. Yaitu lampu yang telah direstorasi sehingga kondisinya menjadi 95% mendekati baru, selanjutnya untuk menghasilkan kilau dan glossy serta keadaan jernih dan bersih dari headlight dari mobil saya maka saya pasanglah lapisan pelindung berupa nano coating, di sini saya gunakan produk  ceramic coating special untuk plastic dalam hal ini untuk headlight yang berbahan mika plastik. Tentang efek yang didapat setelah pemasangan nano ceramic pada headlight ini adalah permukaan mika lampu yang sangat halus (terasa ketika diraba), glossy, anti UV ( tak dapat dilihat buktinya karena ini dari penjelasan di botolnya) dan juga hydrophobic atau tolak air, ini dapat dilihat secara instant dengan segera setelah lapisan coating telah cure.


Dalam waktu 6 bulan sejak pemasangan nano coating, efek sheeting, water repellant, atau hydrophobic masih ada, cuma tidak secepat ketika pertama kali diaplikasikan, ini bisa jadi ada penumpukan lapisan di mika lampu, dengan pembersihan menggunakan microfiber basah atau lembab dengan cepat dapat mengangkat kotoran menempel pada permukaan lampu yang telah dicoating. Pemasangan coating dari nano ceramic sangat membantu menjaga kotoran tidak menempel, dan mudah sekali membersihkannya. Pembersihan secara singkat dengan microfiber basah akan meningkatkan daya repellant walaupun sedikit.



Penambahan wax topping pada lapisan nano ceramic yang telah curing.

Pada lampu mobil yang telah berumur 6 bulan sejak pemasangan ceramic coating, saya sering bersihkan hanya dengan lap microfiber lembut yang telah dibasahi lalu dibiarkan kering. Untuk mendapatkan efek tolak air yang bagus maka dapat dilakukan layering lapisan nano coating lagi. Namun bagimana bila anda tidak punya bahan nano coatingnya, misalnya habis, atau karena dulu memasangnya pada jasa headlight restorer, karena kalau hanya memasang sendiri dengan membeli satu botol berukuran 30 ml maka terasa mahal karena dapat digunakan untuk beberapa mobil, kecuali anda patungan dengan beberap rekan. Ada tips bila ingin meningkatkan water repellant pada lapisan yang telah dicoating, yaitu dengan memberikan topping dari wax ( murni wax, tanpa cleaner), Lapisan wax diatas coating yang telah curing dapat menambah tingkat glossy, tolak air atau water bead. Cara ini mudah dan tentunya lebih memungkinkan untuk dilakukan, selain itu juga aman untuk lapisan coating.
.