.

Penyebab switch rem tidak hidup

Written by on ,
Penyebab switch rem tidak hidup - otoman. Posting kali ini berasal dari pertanyaan teman yang masuk ke contact otoman, bila anda ingin juga kontak saya seputar bahasan otomotif atau lainnya bisa langsung hubungi kontak saya di sini.
Kenapa lampu rem tidak hidup? Itu adalah terjemahan saya dari pertanyaan teman saya tadi, saya koreksi agar lebih pas. Jadi teman saya memiliki kendaraan city car, pada saat berada di kantor dalam posisi mobil mengerem karena mau keluar kantor ternyata ada temannya mengingatkan kalau lampu remnya tidak menyala, setelah dicek memang benar, dalam kondisi mengerem tapi lampu rem tidak menyala.

Bagaimana bila lampu rem tidak menyala?

Jangan buru buru panik, berikut ini ada beberapa poin yang harus dicek sebelum panik....maksud saya sebelum membawa ke bengkel, hal ini penting bagi pemilik mobil untuk bahan diskusi dengan bengkel, jadi biar nyambung kalau diskusi dengan bengkel, siapa tahu bila anda hobi repair ( yang mungkin direpair sendiri) bisa lebih hemat biaya.


Apa saja yang perlu dicek bila lampu rem mobil tidak menyala?

  • Cek fuse atau sekring yang mengatur lampu rem, untuk letak fuse biasanya ada di bawah stir kemudi. Baca buku manual dari kendaraan anda untuk mengetahui tentang fuse lebih lanjut. Bila anda mendapati fuse terputus maka ganti sesuai ketentuan di buku manual.
  • Cek Lampu rem apakah putus atau tidak, cara mengeceknya adalah dengan membuka bagasi untuk jenis sedan atau membuka bagian hatchback biasanya rumah lampu dapat dengan mudah diakses dengan membuka penutup karpet atau karet terlebih dahulu. Cara melepas lampu secara umum dengan memutar socket ke kiri atau kanan (baca petunjuk di buku). Ganti dengan yang baru bila mendapati lampu yang putus.
  • Cek switch lampu mobil anda, apakah ada kabel / socket terlepas, ataukah ada posisi yang tidak pas pad switching. Pengalaman saya dulu malah lampu nyala terus, lampu rem tidak bisa mati ( baca di sini bila ingin tahu) , itu karena adanya karet penahan yang lepas, setelah saya ganti dengan yang baru maka lampu rem bisa berfungsi lagi.
  • Bila semua ok, cek apakah ada arus listrik 12V ketika pedal rem diinjak, untuk hal ini tentu anda harus menggunakan alat ukur tegangan (voltmeter).
  • Cek socket lampu karena mungkin pula mengalami kelongaran terutama untuk mobil yang berumur.
Cara mengecek sistem pengkabelan dan sistem switching lampu rem diatas dapat dilakukan sendiri, bila anda tidak percaya diri silahkan minta tolong pada rekan yang hobi otomotif, atau bila tidak ada mungkin anda perlu merogoh kocek untuk pemeriksaan dan penggantian lampu mobil anda. Semoga artikel otomotif dari otoman ini dapat memberi manfaat bagi rekan pembaca.

No comments:

Post a Comment

.