.

Cek sebelum memilih jasa poles body mobil

Written by on ,
Cek sebelum memilih jasa poles body mobilotoman. Kemarin ketemu rekan yang baru saja menggunakan jasa poles body mobil, inginnya rekan tersebut memiliki mobil yang kinclong ekteriornya, lalu digunakanlah jasa poles body yang banyak mengiklankan diri.

Timbul hollogram dan marring setelah dipoles sembarangan

Di sini saya gunakan istilah dipoles saja, sebenarnya yang tepat adalah perawatan eksterior, dari istilah perawatan eksterior mobil sendiri akan muncul banyak turunan pekerjaan perawatan eksterior, tapi demi mudahnya saya sebut saja demikian.
Saat ketemu, langsung saja saya tebak, apakah dia baru saja poles body mobil di luaran? Dijawabnya benar, Saya sampaikan ada beberapa efek polesan yang tidak bagus, yaitu adanya marring dan hollowgram, yaitu suatu bayangan ataupun pecahnya fokus pantulan panel body mobil bila dilihat dari sisi depan, jadi panel mobil yang telah dipoles memberikan bayaran yang membayang, membentuk seperti efek lampu membayang. Pemolesan yang sembarangan hanya menggunakan satu jenis pad untuk seluruh body memungkinkan pad yang kotor malah akan menambah swirl marks dan hollowgram di body mobil



Kondisi panel body mobil yang benar setelah dipoles

Panel body mobil yang dikoreksi dengan benar harusnya dapat memantulkan kondisi di depannya persis dengan baik. Untuk melihat dan mengibaratkan ini maka seperti berhadapan dengan cermin. Nah bila dikerjakan dengan tahapan yang benar, obat dan alat yang tepat tentunya panel body mobil dapat merefleksikan gambar di depannya dengan maksimal mendekati pantulan cermin, tidak pecah, tidak membayang, dan dari jauh di malam hari memantulkan sinar lampu (misalnya lampu mobil secara definite atau tanpa pecah atau membayang).

Hal tersebut bisa jadi karena penggunaan foam pad yang kotor, penggunaan speed yang berlebihan, dan obat yang terlalu agresif sehingga menimbulkan banyak hollogram setelah dipoles, selain itu juga karena biasanya untuk hemat waktu hanya melakukan one step polishing, padahal tahapan detailing sendiri sebenarnya ada banyak,
  • Pembersihan dengan cuci,
  • Pengangkatan kontaminan dengan claying,
  • Paint correction dengan cutting compound,
  • Step polishing baru kemudian
  • Tahapan proteksi, dan terakhir adalah maintenance.

Banyak sekali bukan tahapan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hasil yang bagus, selain itu juga pada masing masing tahapan sendiri tidak mudah ( dan murah) karena perlu disediakan beragam pad yang tepat, mulai dari clay pad untuk aplikasi claying, kecuali bila ingin manual claying, lanjut dengan pakai cutting dan polishing foam, finishing foam, untuk  aplikasi finishing dan jewelling. Dan sudah dipastikan tak cukup kalau hanya 2-3 jam secara keseluruhan untuk mendapatkan body mobil yang bagus.

No comments:

Post a Comment

.