.

Tips menghindari ban bocor di jalan ketika melewati tempat tempat ini.

Written by on ,
Tips menghindari ban bocor di jalan ketika melewati tempat tempat ini- Otoman. pagi ini menyajikan tips terkait otomotif, berlaku untuk pengendara mobil da motor. Bahasan kali ini terkait ban mobil. Sudah beberapa hari ini otoman ingin mengulas lagi tentang bahasan ini karena otoman mendapatkan ide menulis dan memperkaya blog otoman ini dengan tulisan terkait otomotif terutama tips singkat bagi pemilik kendaraan. 

Setiap hari karena pekerjaan mengharuskan otoman menempuh perjalanan yang cukup panjang, kadangpun harus mengambil jalan jalan tembus sekedar untuk sampai tempat tujuan dengan tepat waktu. Salah satu yang dilakukan antara lain melewati jalan tembus, bahkan kadang jalan tersebut belum beraspal atau masih dalam tahap persiapan aspal. Beberapa hal yang kadang dialami otoman adalah masalah ban bocor, kira kira apa saja yang harus difahami para pengguna kendaraan bermotor?




Tempat yang harus diwaspadai untuk anda pengendara mobil dan motor, karena dari pengalaman otoman selama ini, tempat tempat seperti dibawah banyak terdapat material yang sangat potensial merusak ban, membuat ban bocor, bahkan sobek.
  • Rumah yang sedang dibongkar, ini sudah lama menjadi kewaspadaan otomankenapa? dari pengalaman sudah sekitar 3-5 kali ban bocor ( dalam masa 8 tahun) tepat setelah melewati rumah yang dibongkar, biasanya karena saat renovasi atau pembongkaran banyak terdapat paku atau material tajam lain yang sangat tidak ramah bagi ban. Material tersebut bisa saja tercecer ketika proses pengangkutan. Sudah seharusnya pekerja proyek memperhatikan safety procedure ketika mengangkut barang barang tersebut.
  • Daerah proyek, sudah jelas karena banyaknya material kontruksi yang bisa tidak ramah bagi ban karet seperti potongan keramik, besi, kayu tajam, bahkan paku. Bila tercecer di jalan proyek yang kebanyakan berupa jalan tanah maka sulit dikenali pengendari karena biasanya tertanam dalam tanah dan ketika mobil melewatinya dengan berat mobil sudah cukup untuk memunculkan material itu ke jalanan dan merobek atau merusak ban.
  • Jalanan Offroad / belum aspal. Jalanan belum aspal terutama karena material keras seperti batu laterit yang tajam, baru cadas, dan batu keras lainnya sangat tidak nyaman dan aman bagi kendaraan.
  • Jalanan yang baru saja diurug / ditimbun dengan bongkaran, sering kita lihat adanya jalan belum aspal diurug menggunakan material bongkaran seperti bekas beton, bongkaran tembok dan lain lain. Kadang pekerja tidak sempat untuk sekedar melepas paku yang menancap di dinding. Sudah seharusnya semua bahan perusak sudah dibersihkan sebelum pembongkaran. Material urugan seharusnya dihaluskan dengan mesin penghancur material atau Compactor seperti stoom walls ( biasa disebut setum dalam bahasa Jawa)  atau mesin perata jalan.
Kenapa harus waspada pada tempat tersebut. Sebagai pengendara mobil atau motor kewaspadaan melewati daerah tersebut diatas adalah sangat penting, bila mungkin hindari jalanan tersebut, bila tidak mungkin lewatlah dengan hati hati.

Pastikan tekanan angin ban mobil anda telah diset sesuai ketentuan tekanan angin ban  mobil atau motor. Baca buku manual yang disertakan pada mobil atau motor anda. Pompa ban sesuai tekanan yang direkomendasikan. Memompa ban mobil dengan tekanan angin kurang memang terasa enak karena kendaraan lebih empuk, namun sebenarnya mesin kendaraan akan bekerja ekstra keras karena lebih berat ketika menggerakkan kendaraan dengan ban yang tekanan anginnya kurang. Mempa secara berlebihan juga tidak tepat, kendaraan akan terasa tidak nyaman, keras, dan shock breaker juga terasa tidak meredam dengan bagus, ini bukan karena shock breaker sudah rusak ini karena saat beradu dengan bagian jalan maka ban yang berlebihan tekanan anginnya terasa lebih keras karena kurangnya efek peredaman oleh ban. Walaupun efek peredaman getaran adalah urusan shock breaker dan per kendaraan.

Cara mengatasi ban bocor. Bila anda harus mengalami ban bocor di jalan karena melewati jalan tersebut, maka bersikap tenanglah, ciri ciri ban bocor dapat dirasakan, bagi kendaraan roda dua maka terasa oleng dan sangat mudah dirasakan, sedang bagi kendaraan roda empat ban bocor baru mudah dirasakan ketika sudah benar benar habis tekanan anginnya ( karena bocor yang besar). Bila ban bocor secara pelan maka masih ada kesempatan untuk mencari tukang tambal ban. Segera menepi dengan hati hati ketika mengetahui kendaraan anda bocor bannya, nyalakan Hazard sebagai emergency sign yang memberi tanda pada pengendara lain bahwa sedang ada masalah. Pengendara lain dengan melihat Hazard Sign akan mengerti dan memberi kesempatan untuk menepi.

Tips mobil siap pakai kapanpun adalah memenuhi cek list wajib yang harus diketahui oleh pengendara. Tunggu bahasan saya tentang cek list wajib kendaraan untuk dipakai sehari hari.

No comments:

Post a Comment

.