.

Menghilangkan embun di kaca mobil yang mengganggu pandangan dengan defogger

Written by on ,
Menghilangkan embun di kaca mobil yang mengganggu pandangan dengan defogger - Otoman. Dulu hobilari pernah membahas tentang blankspot yang diakibatkan adanya embun di kaca dekat A pilar di samping kabin kemudi. Adanya embun ini diakibatkan semburan angin AC yang langsung mengarah ke kaca sedangkan udara di luar lebih panas, sehingga timbul embun di kaca. Persis terjadi ketika kita gunakan kacamata di dalam ruangan dingin ber-AC, lalu keluar kantor atau tempat lain yang panas misalnya di halaman di saat matahari terik. Maka segera saja terbentuk embun di kacamata.



Embun di kaca mobil dapat dihilangkan dengan menggunakan defogger, saat ini khususnya hanya ada di kaca  mobil bagian belakang, cara mengaktifkannya dengan menekan tombol defogger yang ada di dashboar, biasanya terletak di dekat tombol AC. Fungsi defogger di kaca belakang ini adalah memanaskan kaca belakang sehingga tidak terjadi embun atau kabut. Fungsi defogger akan terlihat bila kaca belakang embun terutama saat hujan deras. Gunakan defogger sesuai dengan kondisinya, yaitu apabila kaca belakang berembun, dan segera matikan bila tidak lagi berembun, karena defogger juga menggunakan arus listrik mobil.

Bagaimana dengan kaca depan? Sesekali kita menjumpai adanya embun di kaca depan atau kaca samping. Memang demikian, bila hujan dan AC belum dinyalakan atau AC kurang dingin, maka cara untuk mengusir embun di kaca depan adalah dengan menyalakan AC dan mengatur suhunya agar embun enyah dari kaca depan.

Beberapa mobil terbaru, yang saya baca juga menyematkan fitur defogger pada besutan terbarunya tentunya dengan bentuk elemen pemanas yang berbeda dengan bagian belakang, elemen pemanas pada defogger kaca depan dibuat sedemikian sehingga tidak terlihat agar tidak menganggu pandangan pengendara.

No comments:

Post a Comment

.