.

Cara mengatur celah tutup mesin mobil

Written by on ,
Cara mengatur celah tutup mesin mobil - Otoman. Pernah pada suatu waktu saya mendapati ketidaksimetrisan antara jarak lampu bagian kiri dengan tutup mesin degan jarak bagian kanan lampu mobil. Cara mudahnya adalah lihatlah bagian mobil anda, di bagian lampu depan, dan ukur jarak antara lampu dengan tutup mesin. Saya perhatikan ada beda sekitar 3 milimeter, cukup terlihat dengan mata telanjang pada jarak 2 meter.

Lihat Video :
Cara aplikasi nano ceramic coating untuk lampu mobil


Saya merasa tidak melakukan perubahan apapun pada mobil saya, semuanya standar apa adanya. Namun kenapa celah lampu dengan tutup mesin kiri dan kanan bisa berbeda jaraknya. Kelihatan mengganggu saja karena bila dilihat dari jarak 2 meter tadi mudah untuk ditemukan perbedaannya.



Mengingat merasa tidak melakukan perubahan apapun, maka pelan pelan saya teliti kemungkinan ada yang iseng telah melakukan pengaturan, karena mobil baru saja dibawa ke bengkel untuk ganti oli. Setelah saya teliti bagian ujung masing masing sisi tutup lampu saya mendapati bagian karet berbentuk silinder yang langsung menahan tutup mesin mobil dengan frame front bumper yang dekat dengan radiator. Bagian penahan ini berbentuk silinder dari karet, dengan bentuk sedemikian rupa sehingga bisa diatur tinggi rendahnya hanya dengan memutar ke kanan atau ke kiri.

Dugaan awal saya tepat sekali kemungkinan ada yang secara tak sengaja memutar karet penahan tersebut beberapa putaran sehingga membuat karet penahan menjadi lebih tinggi sekitar 2 milimeter. Akhirnya saya putar kembali sampai saya mendapatkan ketinggian yang pas untuk bagian kiri tutup mesin mobil Setelah mencoba beberapa kali saya mendapati jarak yang sama antara bagian kiri dan bagian kanan. Cukup mudah melakukannya, tidak perlu tools sama sekali, walaupun awalnya mikir juga bagaimana cara celah itu bisa berubah jarak kiri dan kanan. Semoga sharing di blog ini bisa bermanfaat bagi anda pembaca.

No comments:

Post a Comment

.