.

Mengatasi bunyi-bunyi mengganggu di mobil

Written by on ,
Mengatasi bunyi-bunyi mengganggu di mobil - Otoman. Hari ini lagi dalam perjalanan jemput anak, jalanan cukup lengang karena jam 09.00, adalah jam sepi bagi trafik sebagian kota, ini karena jalanan kota yang pada pagi hari sangat sibuk karena banyaknya pengguna jalan. Pengguna jalan terbanyak memang waktu pagi karena berbarengan antara anak sekolah dan orang berangkat kerja.



Terganggu bunyi berisik di mobil


Jalanan yang saya lalui lengang karena ya itu tadi jam 09.00 sudah sepi dari aktifitas antar sekolah, praktis jalanan hanya ada orang kantoran yang sedang kunjungan, atau orang usaha yang sedang ada keperluan, jalanan akan ramai lagi nanti pada jam pulang sekolah. Dalam keadaan jalanan sepi seperti ini, dan jalan yang mulus, saya kendarai mobil saya yang baru berumur 1 tahun lebih, dengan pemakaian hanya dalam kota. Saya terganggu dengan bunyi bunyi berulang yang ternyata berasal dari barang barang dalam tas yang saya bawa. Tas saya taruh di bawah kolong kaki penumpang bagian depan.



Yang jadi pertanyaan dan keheranan saya adalah ini mobil baru tapi kenapa ada getaran berlebihan sehingga dapat menggoyang atau menggetarkan body mobil yang diteruskan ke barang atau orang yang ada di dalamnya, dalam hal ini adalah perkakas yang saya bawa di dalam tas berbunyi berisih karena getaran.



Segera setelah saya sampai di rumah, saya cek pada bagian kolong, roda depan kiri karena feeling saya mengatakan bagian kiri depan lebih bergetar dari pada bagian lain. Feeling saya mengatakan ada sesuatu di roda atau ban yang membuat vibrasi berlebihan. Segera saja saya dongkrak roda depan bagian kiri, lalu saya putar ban. Dengan seksama saya cek, tidak ada paku atau benjolan pada ban mobil. Karena adanya benjolan tentu akan membuat ban bergetar. Saya yakin memang tidak ada benjolan di ban karena memang ban ini baru berumur satu tahun lebih karena mobil baru, Penunjuk jarak pun baru menunjuk angka 9750 KM selama satu tahun lebih.

Penyebab ban bergetar pada mobil baru.


Khusus pada mobil baru dapat dikesampingkan tentang kondisi perkakian, anggap saja semua masih ok dan joss, Memang mobil saya tidak terpasang timah balancing, entahlah semua roda keempatnya tidak ada timbah balancing, apa mungkin karena benar benar balance dan pas pemasagannya, jadi tak perlu pasang balancing tambahan. Bentuk ban tidak ada yang benjol, saya cek dengan cara saya dongkrak dan terangkat pada jarak sekitar 1 mm dari lantai yang datar, tidak terdapat deformasi bentuk ban, ya karena memang masih baru. Namun ternyata bila diteliti lebih lanjut, ternyata banyak terdapat kerikil kerikil yang menempel di bagian celah ban. Jumlah kerikil itu cukup banyak. Saya mendapati jumlah sekitar 30 kerikil yang bila disatukan menjadi sebanyak segenggaman tangan saya. Dengan berat yang melebihi satu timah balancing saya yakin bahwa kumpulan batu ini cukup untuk membuat vibrasi berlebihan pada roda ban pada mobil baru. Segera saja saya tuntaskan pengecekan pada keempat roda mobil dan pastikan kerikil terlepas semua.

Penumpukan atau penyelipan kerikil ini lebih karena waktu, dalam waktu sekitar 1,5 tahun pemakaia mobil telah menempel sekitar 30 kerikil yang sangat pas di celah sehingga membuat ban mobil bervibrasi berlebihan. Vibrasi atau getaran pada ban ini akan sangat terasa pada jalanan kota yang sangat mulus.

Bagaimana dengan mobil anda, apakah sama dengan mobil saya bergetar karena kerikil kerikil nakal? coba nanti kalau pas ada waktu dicek di roda mobil anda dan bersihkan dengan menggunakan obeng minus dan tang jepit. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

.