.

Mengenal Defogger pada kaca mobil

Written by on ,
Mengenal Defogger pada kaca mobil - otoman. Duh baru punya mobil, banyak PR yang harus diselesaikan, bukan PR dalam arti PR seperti membeli mobil second ya, ini lebih ke PR harus membaca buku manual. Ya membaca buku manual adalah penting bagi pemilik mobil karena banyak yang "sebenarnya" harus diketahui oleh pemilik mobil. Banyak diantara rekan saya yang bahkan tidak tahu kelebihan mobilnya, cara menggunakan fitur di mobilnya, dan sederetan fungsi fitur yang ada di mobilnya. Jadi percuma dong punya mobil banyak fitur tapi tidak bisa menggunakannya?

Banyak yang harus diketahui bagi pemilik mobil yang baru


Simple saja deh, kita bicara satu hal penting dulu, mumpun sekarang musim penghujan, kira kira barang apa yang sering digunakan saat musim penghujan?? apa hayo?? Eh itu yang dipojok mau jawab apa kok kelihatan ragu-ragu? dan itu mas yang pakai kacamata, baju biru....? iya kamu yang baru baca blog otoman ini. Jawab saya ayo, alat apa yang paling sering digunakan di mobil saat  musim hujan? iya bener jawabnya payung, eh tapi kita tidak sedang bicara payung, kita bicara fitur mobil dan alat yang ada di mobil.



Bila musim hujan tentu driver atau sopir sudah tentu akrab dengan yang namanya wiper, ya wiper sangat penting untuk menyingkirkan air dari windscreen atau kaca mobil bagian depan. Nah mungkin kalau wiper sudah banyak yang bahas, atau lain kali deh saya bahas. Sekarang saya lagi ingin bahas tentang defogger.

Ceritanya ada teman punya mobil baru, nah kebetulan pula saya ikut nebeng di dalamnya pas hujan, entah karena barusan panas terus mendadak hujan jadinya di dalam mobil banyak kondensasi atau pengembunan di kaca depan, kiri, kanan dan belakang. Segera saja AC mobil dinyalakan dan suhu diturunkan mentok ( paling dingin temperaturnya) tak berapa lama memang kaca depan, samping kiri dan kanan bisa bebas dari embun. Namun untuk kaca belakang ternyata tidak sepenuhnya bebas dari embun. Ya karena ACnya walaupun double blower tapi tidak sepenuhnya dapat menjangkau kaca bagian belakang.

Saya masih sibuk dengan gadget saya, karena kebetulan ada yang perlu dibahas. Kira-kira jalan 10 menit saya sibuk eh ternyata kaca bagian belakang belum juga bebas embun, Saya segera bertanya ke temen, kenapa tidak menyalakan defogger kaca belakang. Teman saya malah bertanya balik, apa itu defogger? waduh... pemilik mobil kok tidak tahu apa itu defogger.

Defogger sadalah satu fungsi / fitur pada mobil untuk menghilangkan kondensasi pada kaca di saat hujan / perbedaan suhu ekstreem luar dan dalam kabin mobil.

Teknik defogger atau teknik menghalau kondensasi di mobil dapat dilakukan secara manual dengan angin ( dari blower) atau secara elektrik. Untuk mobil bagian depan, sisi kiri kanan, yang masih terjangka hembusan udara blower tentu teknik defogger dapat dilakukan dengan bantuan hembusan udara ini. Namun bagian belakang yaitu kaca paling belakang maka digunakan elemen elektrik berbentuk khusus yang akan memanaskan bagian kaca secara merata sehingga embun akan menghilang dari kaca.


Cara merawat defogger eletrik
Caranya sangat mudah, jangan sampai membuat putus jalur kawat tipis yang tertempel di kaca. Biasanya pembersihan kaca yang serampangan atau tidak hati hati dapat merusakkan atau memutuskan jalur penghantar pada defogger ini, bila yang putus satu line paralel masih bisa berfungsi, namun bila yang putus adalah jalur utamanya maka defogger tidak akan berfungsi dan harus dilakukan perbaikan.

Baca Juga :
- Artikel tentang defogger.
- Artikel tentang ban tubeles


.