.

Awas jaga jarak aman berkendara

Written by on ,
Awas jaga jarak aman berkendara - Otoman. Dalam beberapa hari ini otoman dapat cerita dari teman tentang kejadian mobilnya disundul kendaraan (motor) dari belakang, ada dua teman yang mengalami hal tersebut dalam minggu ini. Belum lagi otoman saat bertugas menyetir mobil ( saya sering nyopir, setiap hari) mendapati juga beberapa kejadian yang saya alami sendiri yaitu mobil disundul motor dari belakang. Selain pengalaman sendiri juga sering sekali melihat perilaku motor dalam berkendara dimana paling suka menempel mobil yang sedang melaju.



Motor jangan berada diantara mobil ketika sedang melaju.
Demi keamanan berkendara motor jangan suka menyelip diantara mobil yang sedang melaju, karena biasanya memang mobil menggunakan jalur kanan atau biasa orang menyebutnya jalur cepat. Jalur ini tentu diperuntukkan mobil yang lebih cepat, diperuntukkan untuk jalur jalur yang digunakan untuk menyalip atau mendahului kendaraan lain (mobil).


Menjaga jarak dengan kendaraan depannya itu sangat perlu agar ketika kendaraan depan mengerem atau mengurangi kecepatan maka motor masih ada kesempatan untuk mengerem juga, hal yang sering terjadi adalah karena tidak menjaga jarak ( hanya menyisakan 1-2 meter) maka ketika mobil di depannya mengurangi kecepatan, yang ada motor malah kebingungan mengerem karena rem tidak pakem atau tidak siap sehingga menyenggol bumper belakang mobil. Hal seperti ini bukan sekali dua kali terjadi tetapi sering.

Demi kenyamanan dan keamanan berkendara sebaiknya hal seperti ini disadari dan dipatuhi, Karena siapa sih yang mau bumper belakang selalu penuh dengan goresan karena ditubruk motor, belum lagi banyak pula kejadian yang tidak hanya mengenai bumper, tapi juga body ataupun kaca bagian belakang. Harga kaca mobil belakang cukup mahal sekitar 1,5 juta ke atas, dan juga harga keselamatan pengendara motor / mobil juga tinggi, maka patuhilah peraturan keselamatan berkendara.
.