.

Cara membersihkan pad mesin poles dengan cepat dan efektif

Written by on ,
Cara membersihkan pad mesin poles dengan cepat dan efektif  - Otoman. Bicara tentang pad poles dan mesin poles rotary ( atau jenis lain seperti DA - Dual Action), tentunya tidak lepas dari bagaimana cara membersihkannya dengan baik dalam waktu cepat. Kenapa demikian, kenapa saya embel-embeli dengan cepat, karena pada kenyataannya bila tidak memiliki banyak spare polishing pad sudah tentu harus sering membersihkan pad mesin poles, karena kalau tidak maka hasil poles tidak akan maksimal, bahkan bisa merusak pekerjaan poles yang sudah dilakukan pada saat pad masih bersih.

Bila memiliki banyak persediaan pad tentunya enak, bila kotor tinggal ganti, namun bagaimana bila persediaan sudah kotor semua atau tidak memiliki banyak persediaan. Tidak usah kuatir, sediakan saja sikat pembersih yang khusus dibuat untuk membersihkan mesin poles, atau bila anda belum ada barangnya maka seperti saya menggunakan sikat gigi yang paling lembut, iya benar sikat gigi yang paling lembut, ada merk sikat gigi yang lembut ujungnya sehingga meminimalkan kerusakan foam pada saat dibersihkan dengan sikat tersebut.







  • Pasang pad yang akan dibersihkan pada backing plate mesin poles.
  • Lembabkan pad dengan cara menyemprot air dengan sprayer, jangan berlebihan menyemprotkannya, cukup hanya basah saja agar obat poles bisa larut.
  • Nyalakan mesin poles pada speed terendah, dengan posisi pad berada dibawah agar air tidak mengenai mesin poles.
  • Gunakan sikat lembut untuk menyikat pad mesin poles, cukup tempelkan saja pada pad yang berputar.
  • Obat poles yang telah tertangkap sikat segera dibersihkan dengan disemprot air dengan semprotan air atau diseka dengan tisu, lalu gunakan lagi untuk membersihkan pad sampai menurut anda bersih
  • Cara mengeringkan adalah dengan menyalakan mesin poles, ingat pad masih mengandung air, maka nyalakan dari speed rendah baru meningkat ke speed tinggi. Putaran akan membuang semua air dari pad mesin poles, dan tinggal diangin-anginkan sebentar maka pad mesin poles sudah siap dipakai lagi.


Apakah perlu sabun untuk membersihkan mesin pad mesin poles?
Saya tidak menggunakan sabun sama sekali, cukup menggunakan air dan sikat halus.


Demikian cara yang biasa saya gunakan untuk membersihkan pad mesin poles rotary yang sering saya pakai, cara ini dapat pula digunakan untuk membersihkan felt pad atau pad khusus kaca. Saya tidak melakukan perendaman dalam membersihkan pad mesin poles terkecuali pad sangat sangat kotor. 




2 comments:

  1. Apakah hasil bersihnya tidak beda, jika kita menggunakan pad cleaner spt merk Chemical Guys atau Meguiars? Mana yg lbh bersih, atau produk mereka sebenarnya tidak diperlukan utk profesional detailer?

    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai produk mereka juga bisa, ini in case tidak punya produk pembersih khusus pad.

      Delete

.