.

Bersihkan jamur kaca dengan air keras

Written by on ,
Bersihkan jamur kaca dengan air keras - Otomanhere. Sepanjang sejarah saya punya mobil dari tahun 2007, baru sekali saya menggunakan air keras atau istilahnya HF, atau cairan asam untuk membersihkan kerak atau jamur air di kaca mobil.


Seberapa keras cairan keras pembersih kaca mobil?

Bila ditanya seberapa keras saya jujur bilang tidak tahu, karena begitu membaca petunjuknya bahwa dalam pemakaian tidak boleh menyentuh langsung maka saya menggunakan rubber gloves atau sarung tangan karet yang tebel ( yang ujungnya berbentuk dotted, sehingga tidak licin). Seberapa keras saya tak tahu pasti, tapi yang saya rasakan saat dituang ke kapas untuk diaplikasikan tidak keluar reaksi apa apa, mungkin tidak lebih keras dari cairan pembersih kerak keramik / kamar mandi, tapi tetap saja saya tidak mau merasakan atau mencoba kekerasannya.

Baca petunjuk penggunaan dengan baik

Apapun merek cairan pembersih kaca maka yang terpenting dan wajib dilakukan adalah membaca peraturan keselamatan pemakaian, misalnya gunakan pelindung tangan, gunakan pelindung mata ( kaca mata) dan bila perlu gunakan masker mulut / hidung, aplikasikan hanya pada kaca mobil Jepang (sesuai petunjuk seperti itu), aplikasikan hanya dibawah shelter atau tidak terkena sinar matahari langsung, hitung waktu mulai wipe on cairan pembersih  ke kaca sampai waktu wipe on dengan lap Microfiber.

Sepanjang yang saya lakukan tidak ada efek kerusakan pada kaca, karena saya menjalankan sesuai petunjuk yang diberikan, dan juga sepertinya memang produk untuk end user tidak memiliki konsentrasi yang tinggi, kecuali untuk profesional detailer yang memang sudah menjadi kerjaanya untuk berhubungan dengan berbagai bahan pembersih dengan tingkat konsentrasi yang berbeda.



Cara mudah membersihkan jamur air ringan.

Sebenarnya ada cara mudah membersihkan jamur air ringan, yang bisa dilakukan sendiri dengan cepat. Menurut saya terbentuknya jamur air awalnya memang dari pengeringan tidak menyeluruh, tidak sempurna, atau tidak benar-benar kering, termasuk pula tidak mengeringkan mobil ketika kena hujan.




Keringkan selalu mobil yang basah sebelum di parkir.

Arti dari kata diatas bukan berarti di manapun anda mengeringkan mobil. Maksud saya adalah misalnya mobil sudah sampai rumah maka beberapa saat sesudahnya anda keringkan mobil dengan baik, bila terlalu kotor maka wajib cuci, semprot dengan pressure cleaner ( ingat jangan gunakan tekanan terlalu keras, terutama bila air yang anda gunakan tidak benar benar bebas dari pasir).



Cara mudah dengan selalu menjaga mobil ( kaca dan body luar) tetap kering kapanpun adalah cara efektif menangkal bibit terbentuknya water spot, baik di kaca maupun di body. Memang kesannya repot karena harus sering membersihkan mobil, Ya mau bagaimana lagi bila ingin mobil bersih kinclong maka effort lebih tentu diperlukan. Akan sangat membantu bila mobil anda yang mulus dilindungi dengan wax atau coating yang hydrophobic sehingga sangat membantu air dan kotoran tidak atau sukar menempel di kaca atau body. Sekian sharing saya semoga bermanfaat.

Bahasan lain :

No comments:

Post a Comment

.