.

Cara menghilangkan kotor di doortrim dan di langit-langit mobil

Written by on ,
Cara menghilangkan kotor di doortrim dan di langit-langit mobil - otomanhere. Mungkin rekan pembaca pernah mengalami kesulitan cara membersihkan kotor di langit langit atau plafond mobil, atau kotoran yang menemopel di doortrim mobil kesayangan anda.

Seiring dengan pemakaian, terutama bila mobil sering melewati daerah berdebu maka kotoran sangat mudah hinggap di bagian-bagian mobil, tak terkecuali bagian dalam, seperti doortrim atau pun langit langit. Seperti biasanya saya selalu rutin membersihkan doortrim dan langit langit mobil kesayangan saya setidaknya minimal sebulan sekali, ya benar sebulan sekali untuk bagian plafond yang biasa terbuat dari bahan fabric ataupun doortrim. Mungkin rekan pembaca ada yang lebih sering membersihkan misalnya dua minggu sekali. Karena saya mencuci mobil sendiri maka satu bulan sekali saya rasa cukup untuk membersihkan bagian dalam mobil, sedang untuk bagian luar ( eksterior seperti panel sekeliling mobil, ban, velg tentu akan saya bersihkan setiap habis hujan).




Karena hanya tersedia sedikit waktu maka satu bulan sekali saya cek kebersihan plafond mobil saya, biasanya secara umum saya cek dulu apakah ada perbedaan warna yang mencolok, misalnya plafond mobil saya coklat muda terang, maka saya cek apakah ada warna yang cenderung gelap, bila memang ada biasanya terjadi karena misalnya anak di mobil makan coklat dan tangannya secara tidak sengaja memegang plafond, padahal tangannya sangat mungkin belepotan coklat. Memang tidak mudah membatasi anak agar tidak makan di dalam mobil, tapi setidaknya dengan rutin memberi pengertian kepada anak maka ia mau untuk tidak makan di mobil, atau setidaknya bila dia makan di mobil maka akan lebih hati hati.



Nah bagaimana bila anak sudah hati hati tapi terlanjur mengotori plafond, saya pribadi selalu menyiapkan air mineral di mobil, segera saja saya basahi microfiber yang memang juga selalu ada di mobil saya. Microfiber saya basahi lalu saya tempelkan segera ke bagian plafond yang terkena noda, dengan sedikit ditekan konsisten selama beberapa saat maka kotoran yang menempel di plafond dapat terserap di lap microfiber.

Sedang untuk pembersihan pada bagian trim, saya punya cara unik, yaitu menggunakan kain microfiber dengan tangka elastik (terbuat dari kawat elastic, yang bisa beli di toko hardware) dengan bentuk yang elastik, dan kecil maka microfiber bertangkai tadi dapat membersihkan doorttrim dan bagian yang sulit terjangkau oleh tangan. Untuk membuat kotoran menempel maka bisa basahi microfiber dengan air atau bisa pula dibasahi dengan all in one cleaner. Lakukan berulang ulang sampai jumlah kotoran menipis lalu bersih kembali.

No comments:

Post a Comment

.