.

Bingung memilih mesin poles antara jenis rotary polisher dengan dual action polisher

Written by on ,
Bingung memilih mesin poles antara rotary polisher dengan dual action polisher ? Memiliki mobil yang terawat eksteriornya adalah idaman setiap pemilik mobil, karena selain mencerminakan pribadi pemilik mobil ternyata mobil yang terawat juga menjaga nilai mobil tidak mengalami penurunan yang drastis ( baca ditawar habis bila dijual)



Bagi sebagian pemilik mobil yang punya waktu dan tersedia dana untuk merawat mobil, serta yang penting adalah memiliki hobi merawat mobil tentuya pernah berfikir tentang mesin poles body mobil, ya mesin ini begitu menarik perhatian bagi banyak penggila perawatan mobil, terutama yang habis mampir ke forum otomotif, istilahnya sudah teracuni dengan review review penggunaan mesin poles body mobil yang memang sangat bagus hasilnya ( di tangan orang yang ahli menggunakannya)

Saya sendiri juga hobi otomotif, suka membersihkan mobil mulai dari atas sampai bawah, kiri kanan dan depan belakang, tak terkecuali pula bagian dalam. Saya juga memikirkan enaknya punya mesin poles sendiri, tapi waktu itu awalnya hanya terbersit pikiran karena melihat teman membawa mesin poles ke kantor untuk memoles meja kantor, belakangan saya baru tahu kalau yang dibawa sejenis orbital polisher ( atau mesin poles orbital, berputar pada center-nya) selanjutnya mesin ini saya kenal sebagai orbital waxer, karena spesifikasi speednya hanya cukup untuk waxing, pun tenaganya sangat kecil ( torsi kecil) sehingga tidak mampu melakukan paint correction dengan baik.


Jenis mesin poles mobil yang ada di Indonesia 


Jenis mesin poles yang dapat ditemukan di toko hardware online maupun offline di negara kita tercinta ini adalah sebagai berikut

  • Orbital Polisher
  • Rotary Polisher
  • Dual Action Polisher
Orbital polisher lebih disebut sebagai low single speed waxer, tidak memiliki torsi yang kuat untuk melakukan paint correction, melakukan cutting dengan abbrasive material ( compound). Jangan salah beli barang ini bila anda inginnya melakukan paint correction, menghilangkan small / shallow to medium scratch.

Rotary polisher adalah mesin yang banyak digunakan oleh Pro-paint correction, mesin ini memiliki tingkatan speed yang bervariasi mulai dari 600 -3000, dengan speed selector yang dapat berupa dial selector, maupun incremental / digital speed selector ( pada mesin rotary yang mahal, biasanya harga diatas 5 juta). Di tangan pro detailer yang biasa melakukan cutting untuk paint correction maka mesin ini dapat melakukan semua pekerjaan paint correction, water spot removal, polishing, jewelling, waxing, dll. Penggunaan backing pad dan pad yang sesuai akan menghasilkan karya yang sangat bagus, bahkan lebih bagus kondisinya dari mobil yang keluar dari pabrik, karena seperti kita tahu mobil dari pabrik yang baru  saja hanya mendapatkan proses polishing sedang tahapan pada detailing bisa lebih lengkap dari sekedar polishing. Cara kerja mesin ini dengan berputar pada center, typical direct driven atau langsung terhubung dengan motor, sehingga memiliki torsi kuat dengan beragam pilihan speed selection, untuk proses spreading obat digunakan speed rendah sampai obat merata di panel kerja, baru gunakan tahan 2 atau sekitar speed 1200 - 1500 beberapa pas untuk mendapatkan persiapan pekerjaan cutting dengan abbrasive compound, lalu dengan speed 1500-2000 untuk proses cutting setelah obar mulai breakdown, bila obat telah bekerja pada speed 1500-2000 dilakukan poles beberapa lewatan ( pas ) selanjutnya tahap akhir cutting untuk menghaluskan hasil cutting dengan menurunkan speed ke 1200 beberapa pas, setelah proses cutting dilanjutkan dengan proses finishing dengan speed yang lebih rendah, dengan bahan polish dengan tingkat cutting yang rendah ( bahkan tidak ada) tapi tingkat glossynya yang tinggi sehingga menghasilkan finishing yang sangat jernih pada lapisan clear coat.

Dual Action Polisher, nah untuk mesin ini gerakannya berputar dan mengorbit, dengan diameter orbit bervariasi mulai dari ukuran orbit 9 - 21 mm, semakin besar orbit tentunya gerakan terasa semakin liar, tapi tidak perlu kuatir karena ada weight balance atau penyeimbang sehingga mesin poles ini dapat tetap stabil dan lebih mudah digunakan daripada rotary polisher. Mesin poles ini katanya lebih cocok untuk pemulai dan home user, tapi pada ukuran orbit 21 mm mesin ini banyak digunakan oleh pro detailer untuk menuntaskan pekerjaan detailing. Tentunya mereka tahu kapan harus menggunakan DA polisher dan kapan harus menggunakan rotary polisher.

Lihat Juga : Video Cara Aplikasi Ceramic Coating pada Lampu Mobil



Jadi jangan bingung dan salah memilih mesin untuk melakukan paint correction, tetapkan dulu tujuan untuk apa, bila hanya untuk hobi dan kurang banyak waktu untuk belajar mesin mungkin lebih cocok untuk mesin Dual Action Polisher, tapi bila ingin belajar lebih banyak dan menjalankan usaha detailing maka wajib gunakan mesin rotary polisher, itu menurut saya, silakan tinggalkan komentar, semoga berguna bahasan saya ini.

Kumpulan Video Rawat Mobil klik di sini
.