.

Berapa konsumsi bensin kendaraan LCGC 1200an CC

Written by on ,
Berapa konsumsi bensin kendaraan LCGC 1200an CC. Posting kali ini tentang konsumsi bensin, dalam setiap minggunya satu mobil saya memerlukan biaya sebesar Rp 200 ribu untuk membeli bahan bakar premium.



Berapa KM yang saya dapatkan dari bensin seharga Rp. 200.000 itu, kalau dengan harga premium sebesar Rp. 7300 per liter maka didapatkan sekitar 27 liter bensin. Dengan bensin sebanyak itu maka saya bisa mendapatkan jarak antara 270 - 320 km. Kenapa saya katakan jarak antara 270 - 320KM ini karena konsumsi bensin sangat bervariasi dalam setiap minggunya. Adakalanya saya bisa hemat bahan bakar premium karena memang kondisi dalam kota sedang lancar, atau bisa pula karena saya keluarnya malam hari atau banyak keluar rumah ketika trafik lalu lintas tidak sedang ramai. Itu biasanya terjadi pada pagi pagi sekali sebelum jam 6.30 pagi atau malam sekalian, selepas jam 23.00. Namun untuk malam hari kota saya masih sangat ramai walaupun lalu lintas bisa lancar jaya.

Konsumsi bahan bakar jelas sangat bervariasi tergantung banyak pengaruh. Dari sisi penggunaan AC atau air conditioning untuk mobil saja, misalnya hari yang panas terik tentunya AC dengan setelan suhu biasa kadang kurang nendang dinginnya. AC mobil akan bekerja lebih keras ketika suhu udara di luar tinggi atau cuaca panas terik, dan sebaliknya akan bekerja lebih ringan bila suhu udara lebih rendah.

Baca : Cara menjaga kebersihan AC Mobil 

Mobil yang saya gunakan itu menggunakan mesin kapasitas 1500cc-an, konsumsi bahan bakar antara 10 - 12 KM per liter kondisi berjalan dalam kota. Saya tidak pernah mendapatkan lebih bagus dari nilai 12KM per liter untuk berkendara dalam kota, karena tahu sendiri di dalam kota tidak bisa berkendara dengan lancar lurus seperti di luar kota. Pernah beberapa kali saya bawa mobil ke luar kota konsumsi bensinnya terasa lebih irit, ini kelihatan sekilas dari jarak tempuh yang telah dilalui dengan perpindahan strip level indikator bahan bakar di panel mobil.
.