.

Mengatasi ground clearance yang rendah pada mobil LCGC

Written by on ,
Mengatasi ground clearance yang rendah pada mobil LCGC - otoman. Dengan keluarnya beberapa varian LCGC ( Low Cost Green Car) dengan konsep city car yang kompak, kecil, lincah, tentunya banyak menarik perhatian orang. Termasuk saya, karena pertimbangan harga mobil yang memang lebih murah ( tidak sampai 150 juta sudah bisa memiliki mobil baru, bahkan ada yang seharga 100 juta lebih sedikit ), bentuk yang compact, dan model yang menarik tentu membuat saya ( terutama istri) ingin membeli atau lebih tepatnya mengganti mobil lama yang lebih bongsor dengan mobil LCGC.


Karena sebelumnya saya sudah sangat terbiasa membawa small sedan dengan ground clearance yang rendah, tentu sudah terbiasa dan tidak canggung pula ketika harus beralih menggunakan mobil LCGC yang juga memiliki ground clearance yang rendah.

Beberapa tips mengatasi rendahnya ground clearance pada LCGC

  • Pastikan tekanan angin ban mobil diatur sesuai ketentuan yang berlakuk, untuk itu dapat dilihat pada buku manual mobil anda.
  • Gunakan ban ukuran standar, jangan mengganti dengan ban yang lebih tipis lagi, karena tentunya akan semakin merendahkan ketinggian mobil.
  • Kenali lubang atau poldur dari jalan yang anda lewati, dan tentunya berhati-hatilah saat melewati jalan baru karena anda belum hafal dimana saja ada lubang atau poldur.
  • Kurangi kecepatan / mengerem ketika akan melahap poldur, karena beberapa LCGC memiliki sistem suspensi standar yang empuk sehingga mobil akan wavy dan bumpy ketika mobil melahap poldur dengan kecepatan yang masih tinggi, alhasil penghentian mendadak saat melewati poldur membuat body mobil naik turun dan bukan tidak mungkin bagian bawah kaki kaki ada yang tersangkut jalan (sumber: pengalaman pribadi)


Demikian tips singkat tentang mengatasi ground clearance yang rendah pada mobil LCGC terutama.

.