.

Bagaimana cara menjaga keawetan ban?

Written by on ,
Bagaimana cara menjaga keawetan ban ? Sepele sepertinya bahasan ini, namun ternyata masih banyak orang kurang mempedulikan perawatan ban kendaraan. Terbukti masih banyak yang memaksa menggunakan mobil dengan tekanan angin ban di bawah tekanan yang direkomendasikan pabrikan. Alasan paling umum adalah ban dengan tekanan lebih rendah terasa lebih empuk di pengendaraan. Memang demikian karena ban yang empuk lebih meredam getaran saat mobil berjalan atau saat ban melintas di jalan yang kurang rata.




Namun apakah demikian adanya? Berdasar buku pedoman pengendaraan telah dibuat standar tekanan ban, untuk itu pastikan anda telah mengetahui tekanan ban standar, dan patuhilah standar tersebut. Kurangi tekanan berlebih, dan tambah tekanan yang kurang.

Apa manfaat menjaga tekanan ban pada nilai stamdar pabrikan? Berikut ini bahasannya :

Tekanan ban yang tepat membuat kendaraan berjalan lebih lancar sehingga konsumsi BBM lebih irit. Tekanan ban yang tepat juga membuat ban bisa lebih awet . Tekanan ban yang tepat juga membantu shock absorber berfungsi dengan baik dan lebih awet.

Tekanan ban dapat dengan mudah diketahu dengan alat pengukur tekanan, harganya tidak mahal, ini adalah alat wajib dimiliki pemilik kendaraan agar sewaktu-waktu dapat mengecek tekanan angin pada kendaaraannya.

.