.

Claying pada detailing mobil.

Written by on ,
Claying pada detailing mobil merupakan istilah baru bagi sebagian orang, namun bagi penyuka hobi detailing mobil ini adalah hal wajib dilakukan bila di eksterior mobil mulai banyak kotoran.



Claying atau proses pembersihan kotoran yang menempel ke eksterior mobil (misalnya overspray atau aspal lengket) yang mana kotoran ini tidak dapat diangkat dengan cara pembersihan biasa (cuci sepeti biasa). Bagi sebagian orang mungkin ini adalah istilah baru atau istilah yang jarang didengar. Bagaimana kita tahu bahwa perlu kita lakukan proses claying pada mobil kita? caranya mudah, gunakan kantong plastik, lalu masukkan tangan ke dalam kantung plastik, lalu rabalah permukaan eksterior mobil anda, bila terasa ada permukaan kasar itu tandanya bahwa eksterior mobil anda perlau dilakukan claying.

Apakah Clay itu? pertanyaan ini mungkin timbul di benak anda, pada saat awal saya tahu istilah inipun saya langsung ingat tentang clay yaitu semacam tanah liat yang biasa dipakai untuk membuat gerabah, memang bentuknya persis seperti tanah liat, bisa mengeras bila kering, dan bisa lunak bila telah dibasahi dengan pelumas atau cairan / air.

Berapa harga Clay? harga sekitar 100 ribu, berupa kotak dalam plastik, bentuknya seperti sabun batang,  keras ketika kering, potong dalam 3-4 bagian bila ingin digunakan, lalu simpan sisanya dalam wadah tertutup yang bersih dan rapat. Bila ingin menggunakan maka basahi dulu dengan air / cairan pelumas khusus clay.
.