.

Apakah memoles body mobil harus pakai mesin poles?

Written by on ,
Apakah memoles body mobil harus menggunakan mesin poles? Jawabannya relatif menurut saya bisa harus menggunakan mesin poles bisa pula tidak, kenapa karena harus disesuaikan dengan tingkat / keadaan dari eksterior mobil yang akan dipoles.



Sebelum masuk ke bahasan lebih lanjut maka saya basa membagi kondisi mobil menjadi tiga kondisi yaitu

  • Tidak terawat
  • Moderate
  • Terawat
Ketiga kondisi diatas tentunya akan membuat perlakuan car care menjadi beda, bahasan lebih detail saya kupas sebagai berikut :

Mobil dalam keadaan eksterior yang tidak terawat tentunya untuk bisa mengembalikan ke kondisi mendekati keluar dari showroom maka diperlukan lebih banyak effor seperti pencucian, claying, pencucian lagi (bila perlu), lalu pelru di-compound ulang untuk mengangkat cat lama agar naik ke permukaan, lalu dilanjutkan dengan polishing, baru kemudian waxing atau seal sesuai minat. Untuk mobil keadaan ini maka mutlak perlu mesin poles karena bidang kerjanya luas dan banyak.

Mobil dalam keadaan eksterior moderate maka bisa langsung ke proses cuci, lalu compound, polishing, waxing / seal. Proses tentunya lebih cepat karena ada beberapa tahapan yang tidak dilaksanakan. Untuk mobil moderate kondisinya masih diperlukan mesin poles karena bidang kerjanya masih sangat luas mencakup hampir selutuh body mobil.

Baca : Memililh mesin polisher body mobil

Mobil dalam keadaan terawat, ini adalah mobil mobil yang mendapat perawatan rutin, sehingga proses menjaga kebersihan eksterior mobil hanya perlu dengan cara pencucian dan quick detailing atau bahkan hanya dengan pengelapan dengan microfiber saja, bila kondisi eksterior mulai menurun maka bisa dilakukan tahapan dari awal. Sesegera mungkin bila mobil kotor adalah perlu segera untuk melakukan pembersihan karena bila menunggu lama akan mengering sehingga lebih susah untuk membersihkannya. Mobil dalam keadaan ini biasanya bisa dilakukan proses sentuhan akhir dengan poles tangan manual saja.
.