.

Apakah fungsi Cold Air Intake?

Written by on ,
Apakah fungsi Cold Air Intake?

Cold Air Intake adalah funnel atau saluran udara yang biasa dipasang diatas kap mesin mobil yang mengarahkan udara ke dalam bagian filter udara. Aliran udara segar ini mengarah langsung ke filter udara. Apakah kira kira maksud dari pemasangan Cold Air Intake ini?






Review tentang kenapa perlu dipasang cold air intake berawal dari rekan yang memantau kondisi kendaraannya dengan scanner OBDII, dimana scanner ini dipasang di kendaraan selama berjalan dan diketahui bahwa pada saat siang hari yang panas, terlebih jalanan sedang macet maka terbaca temperature udara mencapai 50-55 derajat Celcius.



Seperti diketahui ada suhu optiomum supaya pembakaran di ruang bakar menjadi optimum, salah satunya dengan menurunkan suhu udara yang masuk ke ruang bakar. Cara menurunkan suhu udara yang akan masuk ke ruang bakar tentunya bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain membuat penyekat panas di sekitar box filter dan juga dengan mengalirkan udara segar langsung menuju inlet filter udara.

Kadang yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih mobil adalah bentuk dari grill yang berada di atas bumper, saya cenderung lebih suka mobil dengan grill yang lebih memberikan kebebasan udara untuk masuk ke ruang mesin, alasan saya simple saja, bahwa dengan udara yang bebas masuk ke dalam filter maka akan mudah bagi udara untuk mendinginkan mesin, seperti yang pernah saya baca bahwa setidaknya mobil dengan kecepatan 60 KM/Jam adalah kecepatan yang minimal untuk mendinginkan mesin, namun bagaimana bila macet, tentunya mobil sekarang sudah canggih dilengkapi dengan fan yang akan menyala apabila suhu tinggi. Fungsi fan ini tentunya akan menurunkan suhu mesin.

Bagi rekan yang suka modifikasi bisa melakukan modifikasi bentuk grill agar bisa mengalirkan udara lebih bebas ke ruang mesin, setelah udara masuk lebih bebas, maka bisa ditambahkan air scoope atau semacam pengarah aliran udara sehingga udara bisa dikonsentrasikan untuk memasok filter atau mendinginkan bagian mesin yang mendapatkan panas lebih.

Kumpulan Video Rawat Mobil klik di sini

No comments:

Post a Comment

.