.

GPS tanpa sinyal GSM dan data

Written by on ,
GPS tanpa sinyal GSM dan data - otoman. Mudik telah usai, sebagian besar orang sudah berada lagi di kota rantau, selama setahun ke depan umumnya orang merantau dan akan kembali mudik nanti lebaran tahun depan, walaupun demikian ada pula yang mudik setiap 6 bulan sekali, mengikuti libur anak sekolah tentunya bagi yang anaknya sudah sekolah. Pun demikian saya juga mudik, menepuh jalur udara, dilanjut dengan darat, sebagian besar menggunakan kendaraan roda empat, sempat pula menggunakan moda transportasi kereta api.

Bagi pengendara roda empat, penggunaan GPS sudah sangat umum, terutama ketika mudik karena akan melewati daerah yang  terhitung baru, dan ini bisa sangat tidak terduga, misalnya ketika melewati jalur yang telah direncakanan dan ternyata ada kemacetan yang sangat parah maka diambillah alternatif lain yang lebih cepat, lebih longgar lalu lintasnya, tentulah untuk hal ini perlu yang namanya GPS.

GPS sendiri sudah sangat umum ada di mobil, bahkan beberapa mobil terbaru sudah menjadikannya bagian dari bonus penjualan, untuk harga perangkatnya sendiri berkisar mulai dari Rp 500ribu, saya pernah mendapati harga GPS sebesar Rp 500 ribu, namun untuk kualitas saya tidak tahu. Beberapa rekan banyak yang menggunakan GPS harga 750 ribu sampai dengan 1,25 juta dengan kualitas yang cukup bagus.

Selain GPS mobil, sekarang gadget android / apple juga dilengkapi dengan chip GPS sehingga bisa juga melaporkan posisi terkiri di Google Maps dengan bantuan satelit. Untuk GPS di gadget memiliki kelemahan yaitu tentu penerimaan lebih lemah, locking sinyal lebih lambat, perlu bantuan data / internet, sehingga tidak bisa digunakan sebagai standalone GPS atau GPS berdiri sendiri tanpa internet.

Namun ternyata ada beberapa jenis smartphone yang dapat digunakan GPSnya sebagai standalone GPS tanpa internet, gadget dengan fitur seperti ini biasanya memiliki ciri yang mudah dilihat yaitu GPSnya dapat dinyalakan dalam kondisi Flight Mode, sedang GPS pada gadget android lainnya yang hanya bisa dinyalakan saat posisi sinyal data on biasanya tidak dapat digunakan untuk mencari posisi tanpa sinyal internet / data.


Kelebihan GPS pada gadget

Kelebihan dari GPS di gadget sebenarnya ada yaitu data peta yang lebih update karena adanya sambungan internet yang memungkinkan segera melakukan update Peta terbaru untuk Google Maps. Bila anda ingin mendapatkan kualitas peta terbaru selalulah melakukan update.



Pada kali kesempatan ini saya mengetes satu gadget yang dapat digunakan untuk tracking posisi di peta Google Maps tanpa sinyal internet / data, hanya cukup menyalakan GPS bahkan dalam keadaan Floght Mode, untuk lebih jelasnya langsung lihat saja video yang saya sertakan di posting ini.

Lihat peta situs semuanya.
.