.

Perawatan rutin mobil

Written by on ,
Perawatan rutin mobil. Mobil yang rutin dipakai perlu mendapatkan perawatan rutin agar mobil senantiasa segar dan siap dipakai. Bagi pengendara mobil ada yang dengan sadar melakukan perawatan mobil rutin, namun ada pula yang kurang memperhatikan perawatan mobilnya. Kira-kira poin penting apa saja dalam perawatan mobil yang perlu mendapat perhatian dan perlu dilakukan oleh pemilik mobil, berikut ulasannya :



  1. Sistem Pelumasan.
  2. Saluran Bahan Bakar
  3. Sistem Pengapian.
  4. Sistem Pendingingan Mesin (Radiator)
  5. Sistem Kelistrikan
  6. Sistem Pengereman
Pada poin sistem pelumasan maka pemilik atau pengguna kendaraan wajib memeriksa selalu ondisi pelumas. Pemeriksaan dapat memanfaatkan dipstick atau tongkat pengukur ketinggian olie. Tongkat dipstick ini fungsinya untuk memantau volume olie secara umum. Bila level olie berkurang maka tambahkan agar levle olie kembali sesuai ketentuan. Pastikan juga warna olie tidak gelap sekali, dan raba pelumasannya apakan masih ada daya lumas atau tinggal cairan saja. Juga rasakan apakah ada partikel kasar di bagian olie yang kita raba dengan kedua ujung jari kita. Pastikan juga di bagian bawah dari mesin tidak ada kebocoran.

Tanda olie yang sudah harus diganti adalah bila sudah berwarna kehitaman, tidak lagi memiliki daya lumas, atau sudah melebihi waktu pakai, misalnya sudah 6 bulan walaupun secara KM mungkin belum terlewati ketentuan penggantian olie, ini dikarenakan penggantian bisa sesuai waktu atau sesuai KM, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

Saluran bahan bakar sangat penting, untuk itu selalu pastikan selalu lancar. Sistem saluran bahan bakar pelru dicek dari karburator, throttle body filter udara, dan saringan BBM. Untuk membersihkan filter udara dapat menggunakan angin tekanan tinggi yang langsung disemprotkan dengan arah hembusan dari dalam ke luar. Untuk pembersihan karburator atau throttle body dapat dengan enggunakan cairan pembersih khusus karburator..

Sistem pengapian dapat diperiksa pada bagian busi dan kabel busi. Bersihkan dengan menggunakan amplas untuk busi yang kotor. Apabila busi telah rusak maka harus diganti yang baru. Cek juga apakah kabel busai tidak bocor, yang ditandai dengan adanya lompatan listrik atau suara desing di perangkat radio.

Pendinginan mesin dilakukan oleh radiator, maka dari itu cek selalu ketinggian air di tabung penampung (reservoir) bila level air berkurang maka lakukan penambahan. Pastikan air tidak susut lebih dari setengah tabung, karena itu mengindikasikan adanya kebocoran.

Aki sebagai sistem kelistrikan perlu dicek rutin ketinggian airnya, tegangan start dan tegangan idlenya. Ini untuk memastikan air tetap berkinerja baik. Cek kutup positif dan negatif, dan kekencangan baut bautnya.

Hal yang juga sangat penting adalah memerika level dan kualitas minyak rem. Cara pengecekannya sangat mudah karena letak reservoir minyak rem biasanya di bagian atas sehingga sangat mudah untuk memerika level dan kualitasnya. Bila ketinggian dibawah level maksimum maka segera tambahkan dengan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasinya.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan agar mobil anda selalu dalam kondisi siap pakai.






.